Health

Jenis Sakit Kepala dan Cara Mengatasinya

 

Sakit kepala memang sangat mengganggu untuk sebagian orang, tetapi ada saja orang yang membiarkan dan bahkan tidak ingin tahu sakit kepala apa yang sedang dialaminya.
Tau gak sihh kalian ada berapa macam-macam sakit kepala? nihh kalo kalian belum mengetahuinya yukk baca artikel yang sudah saya buat dibawah ini!

1. Sakit Kepala tegang (tension headache)

Sakit kepala ini adalah kondisi yang paling sering dialami oleh kebanyakan orang. Bahkan ada orang yang menyebutkan bahwa sakit kepala ini adalah sakit kepala sehari-hari karena dikatakan seperti itu penyebabnya adalah hampir setiap orang pasti pernah mengalaminya dalam beberapa kali hidup mereka.

Mungkin anda pernah mengalami sakit kepala sebelah kanan secara konstan. Rasa sakit pada bagian kanan pada kepala ini adalah jenis yang sangat umum, meskipun belum diketahui kejelasan penyebabnya apa. Selain itu anda juga merasakan kaku di belakang leher dan otot bahu kemudian langsung menyebar kedepan, dan merasa adanya tekanan di belakang mata anda bersamaan dengan tekanan pada rahang anda.

Kondisi ini bisa dialami oleh siapa saja dan tak mengenal umur, tetapi tidak cukup parah untuk mengganggu kehidupan sehari-hari anda. Pada kebanyakan kasus, sakit kepala bagian kanan akan hilang sesudah 30 menit sampai beberapa hari.

Nih ada cara untuk mengatasi sakit kepala ini:

  1. Hindari situasi yang menyebabkan Anda stres. Tindakan ini merupakan suatu tindakan yang tepat. Sebab jika Anda terlalu stres itu memudahkan saraf-saraf bagian kepala menegang.
  2. Ubah bagaimana cara Anda melihat situasi. Misal memiliki sebuah masalah yang amat berat di satu sisi Anda merasa tidak mampu. Tapi Anda harus menyelesaikan masalah tersebut. Tindakan yang harus Anda lakukan adalah berpikir positif.
  3. Lihat pola hidup Anda selama ini. Sebab pola hidup dan pola makan yang tidak sehat juga dapat menjadi faktor utama. Seperti tidur larut malam dan itu dilakukan intens dalam jangka waktu lama dan dilakukan setiap hari. Hindari makanan penyebab sakit kepala seperti berlebihan makan keju, anggur, dan berbagai makanan yang mengandung kolesterol tinggi.
  4. Merelaksasikan tubuh dan pikiran sejenak. Tindakan ini dapat Anda lakukan di mana saja dan kapan saja. Seperti hanya sekedar berlibur jika Anda suka traveling, atau melakukan kegiatan apa saja yang Anda sukai.
  5. Gunakan waktu libur sejenak untuk istirahatkan tubuh dan pikiran Anda. Dengan cara tidur siang yang cukup serta makan makanan yang bergizi dan memenuhi kebutuhan tubuh.
  6. Mandi dengan air hangat. Cara ini juga dapat mengembalikan otot kepala yang tegang menjadi relaks. Jika Anda memiliki shower dapat digunakan dan biarkan air yang jatuh memijat saraf-saraf bagian kepala Anda yang tegang.
  7. Mengompres leher bagian belakang, teknik ini masih menjadi andalan bagi sebagian orang. Sebab teknik mudah dan dapat dilakukan kapan dan di mana saja.
  8. Sebaik mungkin hindari penggunaan obat-obatan jika dirasa tidak diperlukan sebab yang dibutuhkan oleh tubuh adalah hanya istirahat sejenak untuk merefresh kembali saraf-saraf.
  9. Selalu konsumsi air mineral sebagai kebutuhan cairan untuk tubuh. Meminimalisir minuman beralkohol dan berasa. Sebab minuman yang terlalu manis akan cepat mengurangi kadar cairan pada tubuh.
  10. Luangkan waktu sejenak hanya untuk merelaksasikan tubuh serta pikiran.

 

2. Sakit Kepala Migrain

 

Migrain adalah serangan sakit kepala sebelah yang berulang yang disertai rasa nyeri yang biasanya parah dan sering membuat penderitanya tidak berdaya. Banyak orang yang bilang bahwa kondisi ini sebagai sakit kepala sebelah.

Rasa sakitnya berdenyut intens atau berupa rasa sakit ekstrem seperti dihantam oleh benda keras. Walaupun begitu, kondisi ini tergolong sebagai gangguan neurologis turunan akibat ketahanan yang lebih rendah terhadap rangsangan penyebab migrain, berbeda dari sakit kepala biasa ataupun cluster.

Selain merasakan sakit kepala sebelah, beberapa orang juga mengalami mual, muntah, atau sensitivitas terhadap suara bising atau cahaya. Kondisi ini terbilang umum karena dapat memengaruhi sekitar 1 dari setiap 5 wanita dan sekitar 1 dari setiap 15 orang pada pria.

Sakit kepala sebelah dikatakan serius bila berlangsung dari 4 jam sampai 3 hari dan disertai dengan gejala lainnya yang sangat parah hingga menghambat Anda untuk beraktivitas normal. Sakit kepala sebelah juga dikatakan parah jika penderita memiliki riwayat serangan setidaknya 2-5 kali serangan dengan pola yang sama.

Nih ada cara untuk mengatasi sakit kepala ini:

  1. Menghentikan kegiatan yang menyebabkan rasa sakit sampai dokter Anda mengatakan Anda bisa memulainya lagi
  2. Latihan pemanasan, seperti latihan aerobik yang ringan dan benar
  3. Melakukan peregangan sebelum dan setelah olahraga atau latihan
  4. Memperkuat otot-otot di paha, panggul, dan punggung bawah untuk keseimbangan otot yang benar
  5. Perhatikan asupan makanan Anda
  6. Menghirup minyak esensial untuk meredakan sakit kepala

 

3. Sakit kepala cluster


Sama seperti migrain, kondisi ini juga menyebabkan sakit kepala sebelah di salah satu sisi kepala. Bedanya, rasa nyeri yang intens terjadi secara tiba-tiba dan cenderung muncul di belakang mata atau area sekitar mata.

Selain nyeri yang intens, gejala lainnya dari kondisi ini adalah mata memerah dan berair, pupil mengecil, serta hidung berair. Kondisi ini terbilang umum, akan tetapi paling parah di antara jenis lainnya.

Setiap serangan sakit kepala sebelah dapat berlangsung 15 menit hingga 3 jam dan sering membangunkan pasien dari tidur karena rasa sakitnya bisa sangat buruk dan intens. Gejala kondisi ini bisa terjadi setiap hari, dan berlangsung beberapa minggu atau bulan pada satu waktu, sebelum reda.

Kondisi ini mungkin akan hilang sepenuhnya selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun, tapi bisa saja sesekali kembali lagi. Pria 3-4 kali lebih sering terkena kondisi ini daripada wanita.

Nih ada cara untuk mengatasi sakit kepala ini:

  1. Jagalah jadwal tidur Anda agar tetap cukup dan teratur
  2. Gunakanlah obat yang telah diresepkan dokter
  3. Periksakan selalu diri Anda ke dokter untuk mengetahui perkembangan kesehatan Anda

 

4. Sakit kepala sinus


Gejala khas dari kondisi ini adalah nyeri yang intens dan konstan di tulang pipi, dahi, atau batang hidung Anda. Terkadang, gejala sakit yang dirasakan hampir mirip dengan gejala migrain. Kondisi ini disebabkan akibat adanya infeksi virus, seperti virus flu.

Virus ini akan menyebar ke rongga sinus dari saluran pernapasan atas, sehingga pada akhirnya menyebabkan dinding sinus (ruang kecil di bagian tengkorak) mengalami peradangan.

Rasa sakit biasanya datang bersamaan dengan gejala sinus lainnya, seperti hidung meler atau tersumbat, telinga berdenging, demam, serta sakit tenggorokan.

Nih ada cara untuk mengatasi sakit kepala ini:

  1. Gunakanlah obat semprot hidung steroid. Obat semprot ini sangat beemanfaat untuk sakit kepala akibat sinusitis yang dipicu oleh alergi. Obat semprot hidung ini memiliki kelebihan yait tanpa efek samping dan tidak perlu menggunakan resep dokter.
  2. Konsultasikan dengan dokter untuk penanganan lebih lanjut. Sebab penyakit sinus harus ditangani dengan serius karena akan menjadi sakit kepala terus-menerus. Selain itu Anda juga dapat segera mengatasi sinus dengan tepat.
  3. Teknik Uap, biasanya teknik ini digunakan para ibu untuk anak bayi mereka yang terkena pilek. Nah trik ini juga dapat digunakan untuk mengurangi cairan dalam hidung atau mengurangi sumbatan dalam hidung.
  4. Gunakanlah bantal yang tinggi untuk menyangga kepala. Menyanggah kepala dengan bantal tinggi biasa dilakukan bagi penderita flu. Tapi tidak menutup kemungkinan untuk mengurangi sumbatan dalam hidung yang diderita oleh penderita sinusitis. Namun, posisi seperti ini tidak dapat dilakukan oleh seseorang yang menderita sakit kepala vertigo dan sakit kepala cluster.
  5. Mandi air hangat atau panas, cara ini juga dapat dilakukan selain untuk menghilangkan sakit kepala dapat juga mengatasi sumbatan pada hidung. Sehingga dapat memperlancar saluran pernapasan.
  6. Gunakan humidifier, udara atau suhu yang lembab dan hangat akan mengurangi sumbatan pada hidung dan nyeri sinus dengan cara melancarkan aliran cairan hidung dan sekaligus meredakan peradangan.
  7. Pijat bagian sinus, berikanlah pijatan pada bagian hidung yang terkena sinus. Sembari dipijat gunakanlah juga minyak oles untuk mencairkan cairan yang menyumbat hidung dengan aromanya.
  8. Minum air mineral sebanyak-banyaknya. Seperti sakit kepala di ubun-ubun yang disebabkan oleh dehidrasi. Hanya membutuhkan cairan dari air mineral saja untuk meringankan nyeri di kepala.
  9. Berolahraga secara rutin. Semua kondisi badan saat sakit dibutuhkan untuk olahraga. Bagi penderita sinus tidak ada olahraga khusus. Seperti penderita vertigo yang memiliki cara olahraga untuk penderita vertigo. Sebab penderita vertigo tidak dapat melakukan aktivitas sembarangan.
  10. Makan makanan pedas. Nah kabar gembira nih buat kalian yang sedang mengalami sakit kepala dan pecinta pedas. Sangat disarankan memakan makanan yang berbahan dasar cabai. Sebab kandungan dalam cabai dapat meredakan sakit kepala serta melancarkan cairan dalam hidung.

Nahh jadi segitu dulu ya jenis-jenis dari sakit kepala yang saya sudah tuliskan diatas. Semoga bermanfaat untuk kalian dan semoga bisa membantu kalian ya. Jangan lupa untuk komen dan like nya yaa

 

 

Related posts

Ketahui Gejala Miom yang Mudah Dikenali

admin

Bantu Program Diet! Kenali Buah Serta Manfaatnya

admin

Ternyata Posisi Duduk Menyilangkan Kaki Berbahaya!

admin