Health

Kamu Perlu Tahu! Ini Jam Terbaik untuk Tidur Malam

Kamu Perlu Tahu! Ini Jam Terbaik untuk Tidur Malam

Tatawanita.com, Jika diperhatikan sekarang ini sangat susah mengatur pola tidur di masa yang sangat aktif seperti sekarang ini. Padahal faktanya turut serta dan memainkan peran yang sangat penting dalam hidup. Biasanya badan yang kurang istriha akan lebih cepat merasa lelah, menurunkan produktivitas, level stres yang meningkat serta berujung pada depresi.

Tentunya kamu tidak ingin mengalami hal yang seperti itu kan? Untuk dapat waktu tidur yang berkualitas, berapa lama dan sedari jam berpa sih kamu harus tidur dan mengistirahatkan tubuh?

 

1. Tubuh Menyesuaikan Waktu Istirahat Sesuai Aktivitas

Dilansir dari CureJoy, tubuh manusia mampu menyesuaikan waktu siang dan malam untuk menentukan pola tidurnya. Jika kamu beraktivitas saat matahari bersinar dan beristirahat saat bulan menghiasi langit nan gelap, tandanya waktu tidur terbaikmu berada di antara jam 10 malam, dan waktu bangun sekitar jam 6 pagi.

 

2. Jam 10 malam Waktu Ideal untuk Tidur

Waktu tidur ideal manusia dimulai dari pukul 10 malam, dan bangun pada pukul 6 pagi. Namun, beberapa ahli bahkan menyarankan untuk memulai tidur pada pukul 8 malam. Jika waktu tidur berkisar antara pukul 8 malam sampai dengan 12 malam, kamu akan mendapatkan tidur yang nyenyak dan mimpi indah. Istirahat yang cukup di malam hari juga membuatmu tidak akan merasa butuh tidur siang setelahnya.

 

3. Buat dan Patuhi Jadwal Tidur

Menurut para ahli, masing-masing orang bisa memiliki jam mulai tidur yang berbeda, misalnya nggak selalu cocok tidur pada jam 10 malam. Kamu bisa membuat waktu tidur yang sesuai dengan rutinitas harian atau kesibukan yang sedang dikerjakan, selama mencukupi waktu istirahat yang dibutuhkan, yaitu pada orang dewasa adalah 7-9 jam.

 

4. Tidur Lewat 12 Malam Beri Efek Buruk

Jika senang begadang, alias tidur lewat di atas jam 12 malam, kebiasaan ini akan memberikan dampak buruk pada kesehatan. Bangun lebih sore dari biasanya akan meningkatkan risiko perilaku bulimia, depresi, dan seasonal affective disorder (SAD). Salah satu penelitian pada pekerja di Jepang menemukan, tidur terlalu larut memiliki kaitan signifikan dengan prevalensi yang tinggi pada gejala depresi.

 

5. Bangun Lebih Baik Beri Efek Baik

Sebuah penelitian mengungkapkan kalau bangun pagi membantumu merasa lebih positif dan jadi proaktif. Tubuh segar pastinya akan membuatmu jadi lebih semangat bekerja, ‘kan?

 

6. Jaga Waktu Tidur Dengan Konsisten

Memiliki pola tidur yang konsisten sangat penting untuk dilakukan karena dapat memengaruhi kesehatan mentalmu, misalnya selalu tidur pukul 10 malam dan bangun pukul 5 dini hari. Studi lain yang meneliti pola tidur siswa sekolah menemukan kalau siswa dengan jadwal istirahat di malam yang teratur memiliki prestasi akademik lebih baik, dibandingkan mereka yang tidur nggak teratur.

 

7. Perbaiki Waktu Tidur

Sangat memungkinkan jika pekerjaan atau kegiatanmu bisa mengganggu jadwal tidur, bahkan mengurangi waktu istirahat. Kalau terjadi seperti ini, kamu perlu menyiasati ini dengan meluangkan waktu untuk tidur siang singkat pada jam kerja. Jangan takut tidur terlalu cepat atau terlalu sore, yang terpenting adalah durasi tidur dan menjaga jadwal istirahat reguler. Setelah semuanya kembali normal, benahi kembali waktu tidur itu.

 

8. Tidur Selama 7-8 Jam Hindari Resiko Kesehatan

Orang dewasa pada umumnya membutuhkan 8 jam lamanya tidur. Namun, angka ini bervariasi untuk masing-masing orang. Sebagian dapat merasa cukup dengan tidur selama 6-7 jam, sementara yang lainnya butuh 8 jam. Pada kategori usia anak-anak dan lanjut usia pun berbeda.

 

 

 

 

Sumber: Popbela.com

Related posts

Persalinan Caesar? Jangan Takut Ini Keuntungannya

admin

Jangan Pungkiri! Menangis Juga Bermanfaat

admin

Makan Ini untuk Cegah Kanker Payudara

admin